May 3, 2013

Zidna 'Izz Tsabit al-Fatih : Putra Pertama Kami

Zidna sedang tidur
Alhamdulillah, pada hari Kamis, 25 April 2013, pukul 14.45 telah lahir dengan selamat dan lancar putra kami yang pertama di Majenang, Cilacap. Setelah menunggu 7 hari, pada hari aqiqahannya, kami memberinya nama "Zidna 'Izz Tsabit al-Fatih". 

Zidna, nama panggilannya, diambil dari rangkaian doa "robbanaa zidnaa 'izz[an] tsaabit[an]" yang berarti "Ya Allah Tuhan kami, tambahkanlah kemuliaan yang kokoh kepada kami".
Kemuliaan yang kami maksud adalah kemuliaan di sisi Allah yaitu ketaqwaan, sebagaimana firmanNya: "inna akromakum 'indaLlahi atqaaqum". Tsabit atau kokoh yang kami harapkan adalah istiqomah dan kuat, yaitu bersih dari syirik, riya, dan penyakit lain yang merusak aqidah dan amal. Sedangkan al-Fatih adalah tambahan yang diusulkan neneknya. Al-Fatih artinya "penakluk atau pembebas", mengingatkan pada sosok luar biasa, Muhammad al-Fatih, yang berhasil menaklukkan Konstantinopel sekaligus membuktikan bisyarah Rasulullah saw tentang kota yang ditaklukan terlebih dahulu, Roma ataukah Konstantinopel? Ternyata Rasul Saw mengabarkan bahwa Konstantinopel adalah kota yang ditaklukkan terlebih dahulu.

Penggunaan nama 'Izz juga bukan tanpa alasan. Akan tetapi, ini terinspirasi dari dua ulama besar yang luar biasa. Yang pertama adalah Imam al-'Izz bin Abdissalam, beliau adalah seorang ulama yang mendapat gelar sulthonul ulama karena kefaqihannya. Selain itu, beliau juga ulama yang tegas dan tidak takut dengan penguasa, berani beramar makruf di depan ulama. Juga menjadi mujahid di medan perang, misalnya dalam melawan Tartar di medan Ain Jaluth. Yang kedua adalah asy-Syaikh 'Izzuddin al-Qossam, seorang ulama sekaligus mujahid yang namanya tetap harum serta menginspirasi generasi Islam setelahnya.

Kami berharap, anak kami ini - Zidna, mampu menjadi muslim sebagaimana tergambar dalam namanya serta mampu meneladani tokoh-tokoh yang juga tersurat dalam namanya. Semoga kami juga mampu mengemban amanah ini, Aamiin......

Zidna baru Lahir















Zidna umur 5 hari







Related Posts

Zidna 'Izz Tsabit al-Fatih : Putra Pertama Kami
4/ 5
Oleh