Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat dan Pentingnya To Do List serta Aplikasi To Do List yang Direkomendasikan

manfaat to do list
Hal sepele namun ternyata sangat membantu dalam pekerjaanku adalah menuliskan To Do list, bahkan ini bisa membantu produktivitas kerja kita. Apa sih pentingnya membuat “to-do list“? Apakah Anda sering membuat jadwal kegiatan harian atau aktifitas sehari-hari kedalam note, buku harian atau aplikasi note Anda? 

Dalam buku To Do List: From Buying Milk to Finding a Soul Mate, What Our List Reveals About Usyang ditulis oleh Sasha Cagen, kita bisa menemukan bahwa pada dasarnya semua orang bisa dan perlu membuat to do list. Bahkan menurut Sasha, sebuah to do list dapat mencerminkan kepribadian orang yang menulisnya. Soalnya, dari daftar yang dibuat kita bisa mengetahui hal-hal apa yang menjadi prioritas bagi orang tersebut (Sumber: Daily Sylvia).

Berikut 5 tips yang akan membantu kamu membuat to-do list harian yang efektif meningkatkan produktivitas kerja kamu:

  1. Buat to-do list sebelum melakukan pekerjaan.
  2. Tidak lebih dari 5 poin perharinya.
  3. Buat tugas sespesifik mungkin.
  4. Urutkan tugas berdasarkan prioritas.
  5. Kerjakan! Dan beri tanda bila telah terselesaikan.

Secara umum, fungsi to do list adalah untuk mengingatkan kita akan apa saja yang harus kita lakukan. Dengan demikian, kita bisa lebih fokus mengerjakan hal yang penting dan tidak membuang waktu dengan percuma. Kita juga jadi bisa menentukan prioritas, serta mengatur waktu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab kita.

Adapun beberapa manfaat to do list, apabila kamu melakukannya:
  • Berguna untuk menentukan skala prioritas pekerjaan.
  • Lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Waktu digunakan dengan efektif dan efisien.
  • Semua tugas bisa diselesaikan tepat pada waktunya.
  • Lebih produktif dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Mempunyai to do list merupakan sebuah kewajiban setiap hari. Mengapa? Karena dengan to do list berarti kita telah membuat skala prioritas untuk setiap tugas yang harus kita selesaikan pada hari tersebut. Dengan adanya to do list, hal itu menjadikan pikiran kita lebih fokus. Sehingga setiap pekerjaan bisa kita selesaikan setiap hari. Jadi mulailah membuat list pekerjaan kamu, biar apa yang kamu targetkan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal dan tentunya terselesaikan tepat pada waktunya.

Sekarang ini dunia digital merupakan dunia keseharian kita. Sehingga to do list jarang sekali menggunakan buku catatan, tetapi lebih ke catatan di aplikasi HP/Laptop. Saat ini ada aplikasi notes plus to-do list yang konsepnya cukup menarik. Listnya berbentuk diagram pohon sehingga memudahkan kita dalam membuat kategori dan klasifikasi. Ini sangat selaras dengan cara kerja otak kita
pentingnya to do list
Bisa mencatat point-point penting
Menarik, kita bisa pilih untuk melihat detail atau melihat gambaran besar saja.
manfaat to do list
Diagram Pohon
aplikasi to do list
Setiap poin bisa dibuka terpisah.

Aplikasi ini dinamakan Workflowy dan bisa digunakan di Android maupun PC. Teman-teman cukup melakukan registrasi di link berikut : Registrasi Workflowy



Posting Komentar untuk "Manfaat dan Pentingnya To Do List serta Aplikasi To Do List yang Direkomendasikan"