Nov 6, 2018

5 Cara Paling Efektif Untuk Mempertahankan Pelanggan


5 Cara Paling Efektif Untuk Mempertahankan Pelanggan
Meraih kesuksesan merupakan impian bagi setiap pelaku bisnis, namun meraih kesuksesan tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan bisnis merupakan dunia yang penuh dengan resiko sehingga setiap pelaku bisnis dituntut untuk memiliki mental yang kuat serta motivasi yang tinggi agar tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan dalam dunia bisnis, salah satunya adalah pelanggan.
Ungkapan yang menyatakan pelanggan adalah raja memang sudah lama dikenal dalam dunia bisnis dan hal tersebut memang benar adanya. Tanpa adanya pelanggan, tentu saja sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan, oleh karena itulah maka Anda harus melayani para pelanggan dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi jika Anda menjalankan bisnis yang memiliki banyak kompetitor, maka tentu saja Anda harus bisa mempertahankan pelanggan agar tidak beralih kepada kompetitor, berikut ini akan kami ulas 5 cara paling efektif untuk mempertahankan pelanggan.
5 Cara Paling Efektif Untuk Mempertahankan Pelanggan
1. Mengetahui Apa Yang Diinginkan Pelanggan
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Hal yang satu ini sangatlah wajar di mana jika Anda menginginkan kesetiaan dari para pelanggan, maka Anda harus bisa mengetahui keinginan mereka. Dengan mengetahui keinginan para pelanggan, maka diharapkan para pelanggan akan merasa puas.
2. Menentukan Tujuan Dengan Jelas
Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas, alangkah baiknya jika Anda memikirkan tujuan dari program loyalitas yang akan dijalankan sebelum Anda memulainya. Dengan mengetahui tujuan dari bisnis yang Anda kelola, maka Anda juga akan mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.
3. Pelajari Kompetitor
Untuk bisa mempertahankan pelanggan, maka Anda harus mempelajari kompetitor atau pesaing. Seperti yang Anda ketahui bahwa dunia bisnis memang dipenuhi dengan persaingan, oleh karena itulah maka Anda harus mencari cara untuk bisa memenangkan persaingan, Anda bisa melakukannya dengan cara mempelajari kompetitor sehingga bisa menemukan celah yang menjadi kelemahannya. 
4. Berikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan adalah faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Maka dari itulah Anda dituntut untuk selalu bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen, Anda bisa menyambut para konsumen yang datang dengan ramah sehingga mereka merasa dihargai dan akan puas dengan pelayanan yang telah Anda berikan.
5. Berikan Potongan Harga
Jika Anda ingin mempertahankan pelanggan, maka Anda bisa memberikan potongan harga atau diskon. Perlu Anda ketahui bahwa diskon merupakan salah satu strategi yang sangat efektif untuk bisa mendapatkan pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan lama, Anda bisa memberikan potongan harga atau diskon secara berkala untuk setiap produk yang Anda jual.
Jika Anda ingin mempertahankan pelanggan, maka tidak ada salahnya apabila Anda melakukan beberapa cara yang telah disebutkan di atas.

Related Posts

5 Cara Paling Efektif Untuk Mempertahankan Pelanggan
4/ 5
Oleh