Tips Sukses Memulai Bisnis Online Shop

Tips Sukses Memulai Bisnis Online Shop

Sahabat, berikut kami sajikan artikel mengenai tips sukses memulai bisnis online shop. Sebagaimana kita ketahui, bisnis online shop makin marak pelakunya untuk saat ini. Tentu saja menjadi tantangan tersendiri ketika memutuskan ingin terjun ke bisnis online shop. Pasalnya tingkat persaingannya begitu besar sehingga memerlukan kejelian tersendiri dalam menjalankannya. Meskipun demikian, bisnis online shop tetap menawarkan keuntungan besar bahkan mampu dijalankan sebagai bisnis utama anda. Anda mesti tahu apa saja tips agar bisnis satu ini sukses untuk kedepannya. Dengan demikian bisnis yang anda jalankan mampu bertahan dari berbagai hal.
bisnis online shop

Mulai dari persaingan, sedikitnya konsumen, dll. Bisnis online shop bisa anda mulai dari skala kecil. Misalnya dengan mencoba menjadi dropshiper kemudian berkembang menjadi reseller hingga agen. Jika dari skala kecil anda bisa tahu bagaimana kondisi pasar hingga nantinya siap jika bisnis anda mengalami perubahan skala. Untuk yang berminat mencoba bisnis online shop, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai tips memulai bisnis online shop.

Berbagai Tips Memulai Bisnis Online Shop

1. Riset ide produk atau jasa
Pertama-tama anda mesti melakukan riset terlebih dulu agar produk atau jasa yang anda tawarkan dapat diterima konsumen. Dengan adanya riset anda bisa tahu apa saja produk yang sedang booming di pasaran. Selain itu kondisi pesaing dan harga pasaran pun bisa anda gambarkan secara jelas. dengan cara tersebut anda akan memilih ide produk atau jasa yang tepat sehingga mudah dikembangkan.

Selain itu, perhatikan juga sifat dari produk yang akan Anda pasarkan :
  • Apakah dibutuhkan sepanjang waktu atau musiman?
  • Apakah sifatnya mengikuti trend, kemudian mati ataukah selalu dibutuhkan?
  • Apakah menghasilkan repeat order ataukah konsumen hanya beli 1x?
Hal ini harus Anda perhatikan, karena akan mempengaruhi bisnis Anda berjalan selamanya atau hanya sementara. Contohnya jika Anda ikut terjun ke bisnis batu akik, salah jika tujuannya adalah menjadikannya bisnis jangka panjang. Kalau untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat, ya sah-sah saja.

2. Tentukan target market
Target market sangat penting agar proses pemasaran lebih berhasil. Banyak cara pemasaran yang gagal atau membuahkan hasil kecil karena tidak sesuai target market. Tentukan kalangan apa yang akan anda targetkan. Misalnya jika anda ingin menjual barang khusus remaja maka proses pemasaran mesti sesuai dengan yang diminati remaja. Hal ini juga sama untuk target market lainnya.

bisnis online


3. Supplier yang terpercaya
Pemasok yang terpercaya adalah salah satu pondasi besar dalam kelancaran bisnis anda. pilih supplier yang sudah terjamin kredibilitasnya. Jika anda ragu, cobalah membeli barang dari pemasok tersebut untuk digunakan pribadi. Dengan demikian anda sudah memiliki gambaran produk seperti apa yang akan dijual. Jalin kerjasama dengan pemasok tersebut dan perhatikan pula bagaimana mekanisme sistem reseller atau dropship yang mereka tawarkan.

4. Manfaatkan media sosial
Selain webiste, anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi online shop. Buatlah akun khusus untuk berjualan. Anda bisa menyasar Instagram, Facebook dan WhatssApp. Instagram dan Facebook bisa anda manfaatkan untuk beriklan. Sementara jika anda pembeli anda bisa mengalihkan chatting melalui WhatsApp sehingga database customer pun juga bisa anda dapatkan.

Selalu gunakan database sebagai salah satu tujuan promosi kita. Jika hanya mengejar cash tapi lupa mengumpulkan database, maka Anda akan kelabakan ketika promosi tidak bisa dilakukan melalui media sosial tersebut.

5. Mulai dari skala kecil
Jangan tergoda untuk memulai bisnis langsung ke skala besar. Cobalah masuk ke skala kecil sehingga resiko kerugian pun bisa anda minimalisir. Modal yang anda perlukan pun tidak terlalu besar jika segalanya dimulai dari skala kecil. Dari skala kecil ini pula anda juga bisa membiasakan diri dalam bisnis online dan siap menjalankan bisnis dalam skala lebih besar nantinya.

Itu dia berbagai tips sukses memulai bisnis online shop agar lebih mudah berkembang untuk kedepannya. Silahkan baca juga 3 jenis usaha yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

lihat